Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal TWRP dan Root Redmi Note 8 / 8 Pro

Cara Instal TWRP Redmi Note 8 / 8 Pro - Kebanyakan Smartphone Android yang beredar di pasaran saat ini tidak dibekali dengan Recovery mode yang memiliki fitur yang lengkap, salah satunya adalah smartphone Redmi Note 8 / 8 Pro yang mempunyai Recovery bawaan yang hanya bisa digunakan Update sistem dan Factory reset saja.


Cara Instal TWRP dan Root Redmi Note 8 / 8 Pro

Hal tersebut bisa dibilang sangat wajar, karena mungkin pihak OEM memiliki suatu alasan khusus, sehingga tidak menyertakan Recovery mode yang multi fungsi, dan lebih memilih menyertakan Recovery mode yang ala kadarnya. Sehingga pengguna tidak bisa melakukan modifikasi sistem, seperti Root, Instal custom Rom, custom kernel, dan lain-lain.

Namun seperti yang kita ketahui, komunitas Xiaomi atau biasa disebut dengan "MI Fans" sangatlah banyak, sehingga tidak mengherankan apabila banyak bermunculan Mod yang tersedia untuk jajaran smartphone Xiaomi, bahkan Redmi Note 8 dan 8 Pro yang bisa dibilang baru saja dirilis sudah memiliki banyak Mod yang siap untuk digunakan, termasuk Costom Recovery atau TWRP Redmi Note 8 / 8 Pro.

Apa itu TWRP?

Team Win Recovery Project atau yang biasa disingkat menjadi "TWRP" merupakan sebuah software open source yang banyak dimanfaatkan untuk mempermudah para pengguna smartphone Android dalam melakukan perbaikan atupun instalasi OS Android, dan melakukan modifikasi pada OS Android yang bersifat open source.

Team Win Recovery Project terlahir dari komunitas Android beberapa tahun silam. Adapun orang-orang yang berada di balik Custom Recovery TWRP ini juga bukan merupakan orang sembarangan, mereka adalah para ahli di bidang OS Android yang sudah memiliki keahlian dalam pengembangan OS Android pihak ke-3.

Kelebihan TWRP Redmi Note 8 dan 8 Pro

Berbeda dengan Stock Recovery, Custom Recovery TWRP menawarkan banyak kelebihan, karena memang costom TWRP mempunyai fitur-fitur yang tidak bisa ditemukan pada recovery bawaan Redmi Note 8 / 8 Pro. Apa saja kelebihannya, bisa kalian baca di bawah ini:
  • Mudah untuk melakukan modifikasi sistem, seperti Instal custom ROM, Kernel, Root, Magisk dan memasang Tweak.
  • Mudah melakukan proses backup dan restore mulai dari system, boot, user data, IMEI, hingga Modem
  • Mudah untuk digunakan transfer berkas melalui MTP, File Manager, dan Terminal Emulator.
  • Melakukan instalasi firmware langsung dari smartphone saat smartphone dalam keadaan Bootloop
  • Dan masih banyak lagi kelebihan lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Cara Pasang TWRP Redmi Note 8 dan 8 Pro

Sama seperti pendahulunya, Redmi Note 8 dan 8 Pro hanya dibekali dengan stock recovery yang sangat standard, sehingga para pengguna yang ingin melakukan modifikasi sistem harus melakukan Unlock Bootloader dan memasang TWRP pada Redmi Note 8 dan 8 Pro terlebih dahulu.

Sebenarnya, Cara memasang TWRP di Redmi Note 8 series ini hampir sama seperti seri Smartphone Redmi yang lain, hanya saja file TWRP.img yang digunakan berbeda untuk setiap tipenya. Namun, banyak pengguna yang masih merasa bingung untuk memasang TWRP pada smartphonya, karena memang pengerjaannya akan terbilang sedikit rumit dan membutuhkan kesabaran.

Bagi kalian pengguna Redmi Note 8 dan 8 Pro yang ingin memasang custom TWRP, tetapi belum mengetahui caranya, maka kalian bisa mengikuti panduan yang akan kami bagikan kali ini. Namun sebelum itu, kita harus menetapi beberapa persyaratan dan menyiapkan bahan-bahan untuk instal TWRP Redmi Note 8 / 8 Pro terlebih dahulu

Syarat Pasang TWRP Redmi Note 8 / 8 Pro:

  • Pastikan baterai dalam keadaan full charged atau minimal 50% untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan
  • PC / Laptop
  • Kabel USB original atau bisa juga dengan USB dengan kualitas yang baik
  • Telah mengaktifkan USB Debugging di menu Developer Option
  • Sudah melakukan unlock bootloader. Apabila belum, kalian bisa mengikuti Cara UBL Redmi Note 8 / 8 Pro DISINI

Bahan Instal TWRP dan Root Redmi Note 8 / 8 Pro

Apabila semua syarat dan bahan telah terpenuhi, maka mari kita lanjut ke langkah pengerjaanya

Langkah Instal TWRP Redmi Note 8 / 8 Pro

Di sini kami akan membagi tutorialnya menjadi dua bagian, karena bahan yang digunakan berbeda. Baiklah, langsung saja kita mulai

Cara instal TWRP Redmi Note 8 (Ginkgo)

Langkah 1) Ekstrak dan Instal Driver Xiaomi di PC atau Laptop.

Langkah 2) Ganti nama twrp-xxx.img menjadi twrp.img agar mudah diingat.

Langkah 3) Exstrak Minimal Adb dan Fastboot, dan kemduian Copy file TWRP Xiaomi Redmi Note 8 yang telah diubah tadi ke dalam folder Minimal ADB and Fastboot.

Langkah 4) Aktifkan USB Debugging dengan cara masuk ke Pengaturan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang, selanjutnya aktifkan “ USB Debugging”

Langkah 5) Reboot Redmi Note 8 Ke mode Fastboot dengan cara tekan “Volume Bawah + Tombol Power” secara bersamaan hingga muncul logo MI Bunny dengan tulisan Fastboot

Cara Instal TWRP dan Root Redmi Note 8 / 8 Pro

Langkah 6) Hubungkan Redmi Note 8 ke PC/Laptop menggunakan Kabel USB

Langkah 7) Buka Minimal ADB Fastboot dan Tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada area kosong, kemudian pilih “Open command window here”

Cara Instal TWRP dan Root Redmi Note 8 / 8 Pro

Langkah 8) Setelah jendel CMD terbuka, kita periksa terlebih dahulu apakah Redmi Note 8 sudah behasil terhubung atau belum dengan menggunakan perintah di bawah.
 "fastboot devices"
Cara Instal TWRP dan Root Redmi Note 8 / 8 Pro

Langkah 9) Apabila sudah terhubung, maka selanjutnya kita akan Instal TWRP Redmi Note 8 dengan memasukan perintah di bawah ini di dalam CMD
"fastboot flash recovery twrp.img" 
Cara Instal TWRP dan Root Redmi Note 8 / 8 Pro

Langkah 10) Tunggu hingga proses instalasi selesai yang ditandai dengan adanya keterangan “finished“. Setelah selesai, kita reboot Redmi Note 8 ke dalam mode TWRP Recovery dengan cara menggunakan perintah berikut ini
"fastboot boot twrp.img"
Cara Instal TWRP dan Root Redmi Note 8 / 8 Pro

Langkah 11) Saat berada di dalam mode TWRP, silahkan instal file Disable_Dm-Verity_ForceEncrypt.Zip agar TWRP tidak hilang, karena dalam beberapa kasus TWRP hilang setelah melakukan Reboot sistem.

Langkah 12) Terahir, klik reboot system apabila kalian tidak ingin melakukan rooting.

Cara Install TWRP Redmi Note 8 Pro (Begonia)

Langkah 1) Reboot Redmi Note 8 Pro Ke mode Fastboot dengan cara seperti di atas.

Langkah 2) Kemudian Ekstrak file ifelixit + FLASHER + TOOLKIT + Begonia.Zip dan kalian akan menemukan driver ADB Fastboot, lengkap dengan TWRP, file .bat.

Langkah 3) Jalankan file .bat sebagai Administrator, maka akan muncul jendela perintah. Dan silahkan pilih nomor 1 untuk Flash TWRP Redmi Note 8 Pro

Cara Instal TWRP dan Root Redmi Note 8 / 8 Pro

Langkah 4) Tunggu prosesnya hingga selesai. Jika sudah selesai, maka secara otomatis Redmi Note 8 Pro akan reboot ke mode recovery (TWRP)

Langkah 5) Saat berada di dalam mode TWRP, silahkan instal file Disable_Dm-Verity_ForceEncrypt.Zip agar TWRP tidak hilang kembali setelah direboot.

Langkah 6) Terahir, kalian bisa melakukan reboot system atau melakukan rooting terlebih dahulu

Cara Root Redmi Note 8 / 8 Pro

Setelah melakukan UBL dan juga menginstal TWRP, kini Redmi Note 8 / 8 Pro sudah siap untuk dimodifikasi, seperti melakukan Root, instal custom kernel, dan custom Rom. Namun, pada kesempatan kali ini kami hanya akan memberikan gambaran tentang cara root Redmi Note 8 dan 8 Pro saja. Baiklah langsung saja kita mulai tutorialnya.
  • Pertama, silahkan reboot smartphone anda ke dalam mode TWRP dengan cara tekan tombol Power dan Volume Up bersamaan saat smartphone dalam keadaan power Off.
TWRP Redmi Note 8 / 8 Pro
  • Setelah berhasil masuk ke dalam mode TWRP, selanjutnya Ketuk menu “Instal” dan pilih file Magisk Manager.Zip
  • Kemudian Swipe untuk mengonfirmasi instalasi
  • Terahir pilih menu “Reboot” kemudian klik  “Reboot Sistem”.
Kira-kira begitulah cara Root Redmi Note 8 / 8 Pro. Jika kalian melakukanya dengan hati-hati, maka kalian akan terhindar dari resiko bootloop ataupun hardbrick, oleh karena itu lakukan step by stepnya dengan hati-hati.

Kami rasa cukup demikian pembahasan kali ini tentang Cara Instal TWRP dan Root Redmi Note 8 / 8 Pro. Jika dari keseluruh ulasan di atas masih ada yang kurang jelas, kalian bisa mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah. Sampai jumpa di update berikutnya. Sekian dan Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Instal TWRP dan Root Redmi Note 8 / 8 Pro"

Berlangganan via Email