Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara UBL (Unlock Bootloader) Redmi Note 8/Pro

Cara UBL Redmi Note 8 / 8 Pro Metode Baru - Ada beberapa faktor yang memicu para pengguna Redmi Note 8 ingin melakukan Unlock Bootloader pada smartphone yang dimilikinya, seperti melakukan Root, install custom TWRP, install Xposed Framework, atau menghapus aplikasi bawaan yang bagi sebagian orang cukup mengganggu.


UBL Redmi Note 8 / 8 Pro

Xiaomi Redmi Note 8 dan 8 Pro sendiri secara resmi diperkenalkan oleh pihak Xiaomi di China pada bulan Agustus 2019 yang kemudian datang ke Indonesia pada pertengahan bulan Oktober 2019 yang lalu. Smartphone ini menyasar kelas menengah bawah dengan banderol harga yang cukup murah di kelasnya.

Seperti kebanyakan smartphone Xiaomi yang lain, Redmi Note 8 / 8 Pro hadir dengan membawa ROM MIUI, lebih tepatnya MIUI 11 yang berjalan pada Android 9.0 (Pie). Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa semua smartphone Xiaomi didukung oleh berbagai tool dan resources pengembangan, seperti Firmware yang selalu update, Mi Flash Tool, dan Mi Flash Unlock untuk melakukan Unlock Bootloader semua tipe Xiaomi.

Apa itu Bootloader?

Bagi sebagian orang yang sudah lama menekuni OS Android pasti sudah tidak asing dengan istilah Bootloader. Pada dasarnya, Bootloader bisa diartikan sebagai sebuah paket petunjuk untuk booting kernel suatu sistem operasi dan memiliki debugging atau lingkungan modifikasi yang berbeda-beda.

Jadi, apabila kalian melakukan modifikasi sistem yang keliru, maka bisa berakibat fatal bagi smartphone itu sendiri, karena meskipun OS Android merupakan sistem operasi terbuka (open source) tetapi OS Android juga tersedia dalam berbagai jenis hardware yang berbeda di setiap pabrikanya, sehingga sangat wajar apabila setiap vendor mempunyai versi bootloader tersendiri yang sudah disesuaikan dengan hardware yang ada dalamnya.

Kenapa bootloader terkunci?

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, walaupun Android adalah sistem operasi Open Source, tetapi setiap vendor mengunci Bootloader Smartphone besutannya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan smartphone dari serangan Peretas dan juga untuk menghindari kerusakan akibat kesalahan modifikasi sistem operasi yang tengu saja bisa mengakibatkan kerusakan pada smartphone.

Tujuan Unlock Bootloader Redmi Note 8/Pro

Adapun tujuan dari melakukan Unlock Bootloader sendiri adalah agar bisa bebas melakukan custom pada smartphone dan agar tidak terbatas hanya kepada Standard Settings dari OEM saja.

Jadi, apabila kalian ingin melakukan modifikasi pada smartphone, entah itu Rooting, Install TWRP, atau menginstal Custom Rom, maka kalian harus melakukan ubl Xiaomi terlebih dahulu. Untuk Cara Unlock bootloader Redmi Note 8/Pro, kalian bisa mengikuti panduan yang akan kami tulis kali ini.

Namun sebelum masuk ke tutorial UBL Redmi Note 8/Pro, terlebih dahulu kita ketahui kelebihan dan kekurangan unlock bootloader yang mungkin masih ada yang belum mengetahuinya. Berikut ini kelebihan serta kekuranganya:

Kelebihan Unlock Bootloader

Ada beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan setelah melakukan UBL Redmi Note 8/Pro, diantaranya yaitu kita bisa bebas melakukan modifikasi sistem, seperti menginstal Custom ROM, melakukan rooting, memasang Xposed, memasang TWRP, mengahapus Bloatware dan masih banyak lagi. 

Keuntungan lain yang bisa kita dapatkan adalah kemudahan dalam mengatasi kerusakan yang terjadi pada smartphone, seperti bootloop, soft brick akan lebih mudah diatasi apabila Redmi Note 8 / 8 Pro dalam keadaan unlock bootloader.

Kekurangan Unlock Bootloader

Selain mempunyai kelebihan, tentunya UBL Redmi Note 8 / 8 Pro juga mempunyai kekurangan, walaupun UBL ini dilegalkan oleh pihak Xiaomi, tetapi setiap orang yang melakukan UBL akan kehilangan garansi, smartphone akan lebih rentan terhadap virus atau malware. Namun meskipun begitu kita tidak perlu hawatir, karena walaupun kita sudah melakukan UBL, smartphone akan tetap bisa menerima update scurity, sehingga kekurangan dari UBL Redmi ini bisa diatasi dengan adanya update tersebut.

Sebagaimana yang sudah kami jelaskan diatas, melakukan UBL Redmi Note 8/Pro memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi untuk kami pribadi lebih memilih melakukan Unlock Bootloader, karena memang kelebihan yang didapatkan lebih besar daripada kekuranganya.

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8/Pro

Pihak Xiaomi melalui Sub-Brand baru mereka yaitu Redmi, saat ini kembali merilis sebuah Smartphone Android yang menjadi penerus dari seri Redmi Note sebelumnya yang cukup menarik perhatian, yaitu Redmi Note 8 dan 8 Pro.

Sama seperti pendahulunya, Redmi Note 8 dan 8 Pro dijual dalam keadaan Locked Bootloader, sehingga para pengguna yang ingin melakukan modifikasi sistem harus melakukan Unlock Bootloader Redmi Note 8 dan 8 Pro nya terlebih dahulu.

Pada dasarnya, metode Unlock Bootloader (UBL) Redmi Note 8 series ini hampir sama seperti seri Smartphone Redmi yang lain, yaitu menggunakan metode dan alat yang sama juga. Namun, banyak pengguna yang masih merasa bingung untuk melakukan Unlock Bootloader tersebut, karena memang pengerjaannya akan terbilang sedikit rumit dan membutuhkan kesabaran.

Jika waktu dulu sebelum kita melakukan UBL, kita harus terlebih dahulu melalukan request UBL dan mengisi data meliputi tujuan kita melakukan UBL, kemudian menunggu SMS persetujuan dari Xiaomi, Namun ternyata, sekarang ini hal tersebut tidak lagi berlaku, sekarang kita tidak perlu lagi meminta izin ke Xiaomi untuk bisa melakukan UBL Xiaomi.

Tetapi sebagai gantinya, kita harus menunggu dalam waktu yang cukup lama, antara 360 jam bahkan ada yang sampai 720 jam atau 1 bulan baru bisa melakukan UBL Redmi Note 8 dan 8 Pro.

Bagi kalian pengguna Redmi Note 8 dan 8 Pro yang ingin melakukan Unlock Bootloader, tetapi belum mengetahui caranya, maka kalian bisa mengikuti panduan yang akan kami bagikan kali ini. Namun sebelum itu, kita harus menetapi beberapa persyaratan dan menyiapkan bahan-bahan UBL Redmi Note 8 / 8 Pro terlebih dahulu

Syarat UBL Redmi Note 8/Pro

Adapaun persyaratan ini bertujuan agar smartphone terhindar dari resiko yang merugikan kita, oleh karena itu sebisa mungkin harus menetapi syarat-syarat berikut ini:
  • Memiliki Akun MI
  • Kapasitas Battery minimal 50%
  • Menggunakan Kabel USB bawaan atau yang memiliki Kualitas yang baik
  • Memiliki Koneksi Internet yang stabil
  • Melakukan Disable Driver Signature Enforcement (Windows 10)
  • Pastikan Port USB pada PC tidak bermasalah
  • Menggunakan OS Windows 64-bit (Optional)

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Apabila semua syarat dan bahan telah terpenuhi, maka mari kita lanjut ke langkah pengerjaanya

Langkah UBL Redmi Note 8/Pro

Langkah 1) Aktifkan Developer Option ( opsi pengembang) untuk bisa mengakses pengaturan mi unlock dengan cara Pergi ke Pengaturan > Tentang Ponsel, kemudian ketuk tulisan versi MIUI sebanyak 8 kali hingga muncul notifikasi “sekarang anda adalah pengembang” atau “you are developer now”.

Langkah 2) Aktifkan MI Unlock di Opsi pengembang dengan cara masuk ke Pengaturan> Setelan Tambahan > Opsi Pengembang  kemudian pilih "Status MI Unlock".

UBL Redmi Note 8 dan 8 Pro

Apabila ada pop up saat membuka Status MI Unlock, silahkan klik Setuju dan Pastikan kalian menggunakan data seluler SIM 1 yang sudah terpasang dengan Kartu Sim yang sesuai dengan nomor yang gunakan saat mendaftar akun MI, selanjutnya Klik “Tambah Perangkat”.

UBL Redmi Note 8 dan 8 Pro

Apabila berhasil, maka akan ada notifikasi bahwa akun MI sudah sukses tertaut dengan Redmi Note 8/Pro kalian.

Langkah 3) Aktifkan OEM dan USB Debugging dengan cara masuk ke Pengaturan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang, selanjutnya aktifkan “Buka Kunci OEM” dan “ USB Debugging

UBL Redmi Note 8 dan 8 Pro

Langkah 4) Extract MI Unlock Tool dan jalankan MI Unlock Tool Sebagai Administrator dengan cara “Klik kanan” pada aplikasi MI Unlock dan pilih “Run As Administrator

UBL Redmi Note 8 dan 8 Pro

Jika aplikasinya sudah terbuka, silahkan Tekan “Agree” sebagai pernyataan bahwa kalian setuju dengan disclaimernya.

UBL Redmi Note 8 dan 8 Pro

Selanjutnya silahkan kalian “Log In/ Masuk” menggunakan akun MI yang sesuai dengan yang ada di Redmi Note 8 / 8 Pro. Dan apabila berhasil, maka akan ada tampilan peringatan “Not Connected to the phone

Langkah 5) Reboot Redmi Note 8 / 8 Pro Ke menu Fastboot dengan cara tekan “Volume Bawah + Tombol Power” secara bersamaan hingga muncul logo MI Bunny dengan tulisan Fastboot.

UBL Redmi Note 8 dan 8 Pro

Selanjutnya sambungkan Redmi Note 8 / 8 Pro kalian ke PC. Jika berhasil tersambung ke aplikasi MI Unlock, maka akan ada notifikasi “Phone Connected

UBL Redmi Note 8 dan 8 Pro

Langkah 6) Tekan “Unlock” pada Aplikasi MI Unlock dan tunggu prosesnya hingga selesai. 

Langkah 7) Jika proses UBL sudah selesai dan sukses melakukan UBL dengan aplikasi Mi Flash Unlock, maka silahkan Reboot Redmi Note 8 / 8 Pro kalian.

UBL Redmi Note 8 dan 8 Pro

Solusi Gagal Unlock Bootloader Xiaomi

Apabila proses Unlock Bootloader Redmj Note 8 dan 8 Pro di atas gagal yang ditandai dengan adanya pemberitahuan “Couldn’t Unlock, After 72 Hours of trying to unlock the device”, itu berarti kalian harus menunggu selama 72 jam atau 3 hari untuk bisa melakukan UBL kembali.

UBL Redmi Note 8 dan 8 Pro

Seperti yang kami jelaskan di atas, bahwa waktu tunggu ini sangatlah variatif, ada yang harus menunggu selama 3 hari, ada yang hanya perlu menunggu 1 hari, bahkan ada yang harus menunggu selama 1 minggu. 

Jika kalian sudah melewati masa tunggu, maka kalian bisa kembali melakukan UBL pada Redmi Note 8 / 8 Pro kalian, dan kemungkinan besar akan berhasil 100%

Kami rasa cukup demikian pembahasan kali ini tentang Cara UBL Redmi Note 8 dan 8 Pro. Jika dari keseluruh ulasan di atas masih ada yang kurang jelas, kalian bisa mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah. Sampai jumpa di update berikutnya. Sekian dan Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara UBL (Unlock Bootloader) Redmi Note 8/Pro "

Berlangganan via Email