Cara Mengatasi Burn-In (Image Retention) Xiaomi

Cara Mengatasi Burn-In Xiaomi Semua Tipe - Kasus layar burn-in ini banyak dialami oleh pengguna smartphone yang menggunakan LCD berteknologi AMOLED, seperti Samsung, Huawei, dan lain-lain. Namun ternyata, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena beberapa pengguna smartphone Xiaomi yang tidak menggunakan panel AMOLED juga mengalami hal yang serupa.


cara mengatasi burn in xiaomi

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya keluhan yang diutarakan oleh pengguna Xiaomi di grup Facebook prihal smartphone Xiaomi yang mereka gunakan mengalami Burn-in atau lebih tepatnya Image retention. 

Apa itu Image Retention (Burn-in)

Istilah Layar Burn-In atau bisa disebut juga dengan Ghost Image merupakan kondisi sebuah layar smartphone yang memiliki bayangan dari bekas aplikasi yang sebelumnya dibuka. Biasanya bayangan tersebut akan muncul setelah kita membuka aplikasi teralalu lama atau lebih tepatnya diam dalam satu tampilan terlalu lama. Dan kebanyakan smartphone tersebut adalah Redmi seri Note yang menggunakan panel LCD Tianma.

Untuk jenis layar, sebenarnya Xiaomi memiliki beberapa jenis layar yang sering digunakan di smartphone buatan mereka, seperti Tianma, EBBG, Shencao, BOE, dan SHARP. 

Meskipun sama-sama berjenis layar IPS, ternyata masing-masing dari layar tersebut juga memiliki perbedaan, seperti layar jenis EBBG yang memiliki warna warm (putih ke kuningan), kemudian layar BOE memiliki warna yang cool (putih kebiruan), dan layar TIANMA yang memiliki tampilan seperti layar BOE dan EBBG.

Cara Melihat Jenis Layar Xiaomi

Untuk melihat jenis layar yang digunakan oleh smartphone Xiaomi sangatlah mudah. Untuk melakukan pengecekan, silahkan kalian ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Masuk ke menu "About Phone" dan tap 5x pada tulisan "Kernel Version".
  • Setelah itu akan muncul menu "Hardware Test" dan silahkan pilih "Version Information".
  • Kemudian kalian akan melihat hardware yang digunakan oleh Xiaomi yang kalian punyai
  • Untuk melihat jenis layar, bisa kalian temukan pada informasi LCD:
cara mengatasi burn in xiaomi

Penyebab Layar Xiaomi Burn-in

Belum diketahui pasti apakah penyebab layar Xiaomi burn-in ini merupakan kesalahan dari software atau memang kendala pada bagian hardware. Namun pastinya bayangan gambar hanya akan terlihat beberapa saat saja, setelah beberapa saat akan hilang perlahan-lahan dengan sendirinya.

Untuk pemakaian normal, sebetulnya juga tidak memberikan dampak yang begitu signifikan, karena saya sendiri sudah mengalami screen burn-in Xiaomi selama beberapa bulan terahir di Redmi Note 7 yang saya gunakan. Tapi bagi pengguna lain mungkin akan merasa sedikit terganggu.

Lantas bagaimana cara mencegah dan mengatasi Burn-in Xiaomi? Tenang saja, karena layar burn-in atau image retention ternyata masih bisa diatasi ataupun dicegah. Meskipun tidak menjamin 100% berhasil, setidaknya kita bisa lebih berhati-hati agar layar Xiaomi tidak burn-in.

Cara Mencegah Screen Burn-In Xiaomi

Untuk sekedar mengantisipasi atau mencegah terjadinya layar burn-in, kalian bisa mengikuti cara-cara berikut ini:
  • Biasakan menggunakan layar dengan  tingkat kecerahan di bawah 50%
  • Jangan terlalu lama didalam satu aplikasi dengan kondisi kecerahan layar yang tinggi
  • Gunakanlah mode "Read Mode" supaya layar tidak terlalu cerah namun jelas
  • Setting layar smartphone dengan cara masuk ke Setting > Display > Color > Pilih Cool supaya tampilannya lebih adem.
cara mengatasi burn in xiaomi
  • Kurang Penggunaan Waktu Layar Aktif
  • Nonaktifkan Navigation Bar

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Image Retention Xiaomi

Seperti yang sudah kita sebutkan diatas, bahwa layar burn-in terjadi saat pengguna berlama-lama dalam satu tampilan halaman saja. Ada beberapa cara  yang bisa kita gunakan untuk mengatasi layar burn-in tersebut, diantaranya yaitu:

Mengatur kecerahan atau Brightness

Mengatur brightness ke tingkat tertentu sesuai dengan kondisi cahaya yang ada ternyata bisa mengurangi resiko burn-in yang sering muncul 

Cara ini juga sangat mudah dilakukan, karena setiap smartphone Android pasti memiliki fitur Adaptive Brightness atau Automatic Brightness. Fitur ini berguna untuk mengubah kecerahan layar mengikuti pencahayaan yang ada di lingkungan sekitar secara otomatis.

Menggunakan aplikasi Screen Burn-In Tools

Untuk cara yang kedua ini kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang tersedia secara gratis di Google Play store, aplikasi tersebut bernama Screen Burn-In Tools

Untuk cara penggunanya sendiri cukup mudah, kita hanya perlu instal aplikasi tersebut, kemudian buka aplikasinya dan klik tombol "Repair" untuk memulai, dan layar akan dioptimasi secara otomatis dan kita harus menunggu sampai bekas burn-in hilang sendirinya.

cara mengatasi burn in xiaomi

Menggunakan Kernel Adiutor

Untuk menggunakan cara menghilangkan Burn-in dengan kernel adiutor ini smartphone harus sudah dalam keadaan root terlebih dahulu. Sedangkan untuk aplikasinya bisa kalian dapatkan dari Google Play Store secara gratis.

Cara mengatasi burn-in dengan kernel adiutor ini bisa digunakan untuk smartphone yang lain juga, karena settingan yang akan kami bagikan tidak terhusus untuk Xiaomi saja. Untuk langkah-langkahnya bisa kalian lihat di bawah ini:
  • Masuk ke aplikasi kernel adiutor, kemudian pilih MENU yang ada di bagian kiri atas dan masuk ke bagian SCREEN.
cara mengatasi burn in xiaomi
  • Silahkan kalian atur seperti gambar dibawah ini, dan jangan lupa Aktifkan Apply on Boot agar setelan tidak kembali ke default setelah smartphone di Reboot.
cara mengatasi burn in xiaomi

Apabila setelan di atas kurang pas di mata, kalian juga bisa menggunakan setelan lain yang sekiranya enak untuk dipandang. Berikut ini kami mempunyai beberapa setelan yang bisa kalian coba. Setelan ini kami dapatkan dari Grup Telegram Redmi Note 5 Pro.
Red 236
Green 248
Blue 256
RGB Value 35
Saturation 50
Screen Hue 0
Screen Value 123
Screen Contrast 130
Atau
Red 225
Green 245
Blue 256
Saturation: 40
Atau
Red 250
Green 250
Blue 235
Saturation 27
Hue 1520
Screen value 112
Contras 132
Atau
Red 256
Green 250
Blue 251
RGB Value 35
Saturation 66
Screen Hue 1526
Screen Value 136
Screen Contrast 132
Atau
Red 250
Green 250
Blue 256
RGB Value 35
Saturation 54
Screen Hue 1526
Screen Value 133
Screen Contrast 138
Kami rasa cukup sekian pembahasan kali ini tentang Cara Mengatasi Image retention atau Burn-in Xiaomi. Jika dari keseluruh ulasan di atas masih ada yang kurang jelas, kalian bisa mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah. Sampai jumpa di update berikutnya. Sekian dan Semoga bermanfaat.
Zul AMD
Zul AMD Know You Can

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatasi Burn-In (Image Retention) Xiaomi "

Berlangganan via Email